Minggu, 03 April 2011

Jangan Bosan Cuci Motor




Musim hujan sering membuat pengendara motor kesal. Pasalnya, wajah tunggangannya sering kusam dan kotor. Hari ini dicuci, besok atau sore harinya sudah kotor kembali, karena diguyur hujan dan jalan becek. Namun, kalau tidak dicuci, tentu tak sedap dipandang dan bahkan jika diiarkan terus-menerus akan bisa menimbulkan korosi atau pengaratan yang pada akhirnya akan memperpendek usia motor. Namun, bagaimanapun kesalnya kita, para pengendara tetap disarankan untuk mencuci tunggangannya, paling tidak tiga hari sekali. Lebih baik capek sebentar daripada motor kesayangan anda rusak dan terlihat kusam. Tak masalah apakah dibawa ke tempat cucian motor atau dibersihkan sendiri. Berikut ini beberapa hal yang mungkin bisa membantu anda dalam mencuci sepeda motor.
1.       Bilas terlebih dulu dengan air bersih semua bodi motor. Semprotkan air sambil mengusap dengan tangan kotoran-kotoran yang ada di bodi turun.
2.       Penyemprotan kemudian dilanjutkan ke bagian bawah, seperti velg, bawah spakbor belakang, knalpot, dan besi-besi bawah agar kotoran sepertipasir turun bersama air.
3.       Setelah disemprot, gunakan sponge pertama untuk menggosok cat dengan air yang sudah diberi shampo motor. Ini untuk mencuci bodi, fairing, dan stang beserta kepala motor, serta jok tempat duduk. Setiap menggosok satu bagian, celupkan kembali sponge pada air sambil diremas-remas atau diperas agar kotoran pada sponge terbuang. Lakukan hal serupa pada bagian-bagian lainnya.
4.       Gunakan sponge kedua untuk membersihkan bagian bawah motor. Velg, spakbor bawah, mesin, knalpot, cakram, swing arm, dan semua bagian bawah. Dan lakukan seperti yang pertama, celupkan pada air sabun setiap membersihkan satu bagian agar kotoran turun ke dasar ember.
5.       Untuk membersihkan bagian mesin, sebaiknya menggunakan kuas dengan air sabun. Hal ini juga dilakukan untuk semua sela-sela yang tidak bisa dijangkau sponge, seperti sela kepala rem cakram atau velg.
6.       Yakin kotoran terbuang, kemudian bilas motor sambil diusap tangan pada bagian atas. Untuk bawah cukup disemprot kencang dengan air.
7.       Setelah kering, goyangkan setir kanan kiri agar kencang. Ini untuk membuang air yang mengendap di kepala motor, agar setelah nanti kering air tidak turun dan membasahi spakbor yang sudah kering.
8.       Gunakan kain pengering pertama untuk membersihkan bodi atas dan fairing beserta stang dan kepala motor, serta gunakan kain kedua untuk mengeringkan bagian bawah motor.
9.       Bila ada wax atau alat proteksi cat, bisa digunakan setelah motor benar-benar kering. Untuk bagian ban, setelah dicuci bersih, agar terlihat mengkilat bisa kita gunakan semir ban.
10.   Kini tungangan siap dipacu kembali.



Sumber : Harian Republika

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Walgreens Printable Coupons