Rabu, 23 Maret 2011

Isi Bensin Di Pagi Hari



Percaya atau tidak, ada beberapa pengelola SPBU yang sengaja mengurangi takaran. Dengan berbagai teknoligi dan kepiawaian, mereka mengelabui konsumen dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Untuk itu para bikers disarankan agar lebih berhati-hati dan diminta lebih jeli setiap kali mengisi BBM di SPBU. Selain harus jeli, para pengendara juga dituntut untuk memahami sifat dari bensin itu sendiri. Maksudnya, ada waktu-waktu terbaik kita mengisi BBM agar mendapatkan takaran yang maksimal. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan mengisi BBM di SPBU 
    
Isi bensin di pagi hari
Para bikers disarankan untuk membeli/mengisi BBM di pagi hari atau subuh ketika temperatur tanah masih dingin. Biasanya, semua SPBU mempunyai tangki penyimpanan di dalam tanah. Semakin dingin terperatur tanah, akan membuat densitas (tingkat cair) bensin semakin baik. Pada kondisi ini ukuran satu liter bensin, misalnya, akan benar-benar utuh satu liter.
·         Hindari mengisi bensin siang hari
Sebaliknya, ketika temperatur atau suhu udara semakin panas, bensin akan mengembang. Sehingga ketika membeli bensin di siang atau sore hari, jumlah cairan bensin di kendaraan kita tidak benar-benar satu tangki. Di dalam bisnis SPBU, pengaturan grafitasi bumi, temperatur dari BBM mendapat perhatian yang penting. Kenaikan suhu udara satu derajat saja, memiliki pengaruh yang sangat besar dalam bisnis ini.
 Atur kecepatan aliran pipa bensin
Ketika mengisi BBM, jangan memilih mode fast (cepat). Mintalah pada petugas untuk mengisinya dengan pelan-pelan (low). Proses pengisian BBM ke tangki biasanya mempunyai tiga tingkatan, lambat, sedang, dan cepat. Ini bisa dikontrol dari gagang kran pengisian. Pada mode lambat, berarti kita mengatur aliran bensin dalam kecepatan rendah, sehingga meminimalisasi terjadinya penguapan saat bensin dipompa. Semua gagang keran bensin mempunyai saluran untuk menghisan uap (vapor return). Jika kita memompa pada kecepatan tinggi, maka ada bagian cairan bensin di tangki yang menjadi uap. Uap bensin itu akan dihisap oleh ujung keran pipa pompa dan dikembalikan ke tangki penyimpanan di dalam tanah. Dengan demikian jumlah bensin yang kita beli jadi berkurang.
·         Isi bensin saat tangki berisi setengah
Ini sangat penting. Karena semakin banyak gas di dalam tangki motor, maka udara yang ada semakin     sedikit. Bensin dapat menguap lebih cepat dari yang kita banyangkan. Tangki penyimpanan pom bensin memiliki atap mengapung di dalamnya (internal floating roof). Atap ini selalu mengapung di permukaan bensin dan menghilangkan gas yang ada di udara dalam tangki penyimpanan, sehingga bisa meminimalkan penguapan.
·         Jangan mengisi BBM jika pom sedang diisi
Se  Sebaliknya, pengendara tidak mengisi bensin ketika truk tangki mengisi pom tersebut. Sebab ketika tangki enyimpanan diisi, maka ada uap (gas) yang ikut terbawa, dan kotoran yang ada di dasar tangki bisa terangkat ke atas dan masuk ke dalam kendaraan anda.  
Su  
SuSumber  : Harian Republika     
                                                                                                          



S

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Walgreens Printable Coupons